Sunday, March 10, 2013

Tips Bahan Masakan Sehat

Tidak bisa dihindari lagi bahwa Makanan Sehat begitu berperan penting dalam kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Dengan memakan makanan sehat tubuh kita menjadi serasa lebih segar dari biasanya.
Dan bagaimana kalau yang kita makan selama ini menggunakan pola makan yang tidak sehat? seperti makan yang terlalu berlebihan, atau telat. Wah kalau begitu terus bisa membahayakan kinerja tubuh kita, seperti terkena diabetes jika kebayakan kadar gula dalam tubuh, atau hipertensi apa bila kebanyakan kadar garam. Jadi mesti harus diseimbangkan tentunya.

Kali ini kita akan bahas bahan-bahan masakan sehat yang pastinya "wajib" untuk menjadi tambahan konsumsi sehari-hari. Berikut 5 bahan masakan sehat yang dirangkum Update-MU

1. Susu



Jarang sekali yang menjadikan susu sebagai campuran masakan dikarenakan lemak yang terkandung dalam susu. Padahal disamping itu susu juga mengandung Vitamin dan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh.
Untuk mengurangi kadar lemak pada susu, kalian tidak usah khawatir lagi. Karena sebagian besar produk sup, saus atau apapun itu yang menggunakan bahan dasar krim sudah menurunkan kadar lemaknya.


2. Rempah-rempah


Kalau yang satu ini pasti yang ada dipikiran kalian adalah garam, karena garam merupakan zat yang memiliki rasa asin yang cocok sekali untuk makanan-makanan gurih. Tapi jangan salah, jika kalian menggunakan garam yang berlebihan bisa mengakibatkan darah tinggi. Wah bahaya donk.
Tapi tenang, tidak semua masakan harus membutuhkan garam sebagai campurannya. Ada beberapa bumbu yang dapat ditambahkan sebagai pengganti garam seperti oregano yang mempunyai antioksidan, dan aja juga jeruk limau atau lemon yang daoat menggantikan fungsi garam sebagai bumbu masakan.

3. Minyak sehat 


Minyak sehat tentunya sangat dibutuhkan bagi orang yang sedang menjalani program diet karena dalam kandungan minyak sehat pasti mengandung lebih sedikit lemak dari pada minyak biasa. Sperti minyal anola yang mengandung sekitar 60% lemak dan 34% mengandung lemak tak jeuh ganda dan sisanya lemak jenuh.

4. Buttermilk


Jika dalam proses masak-memasak anda masih menggunakan mentega sebagai bahan dasarnya, anda bisa menggunakan buttermilk sebagai penggantinya. Buttermilk merupakan bahas hasil olahan susu yang rendah lemak. Cocok digunakan untuk membuat muffin, roti dan juga bisa digunakan sebagai campuran kue.

5. Dressing


Jika kalian biasanya membeli dressing, kini kalian bisa membuatnya sendiri yang dibuat dengan bahan dasar extra virgin olive oil dan juga cuka lalu bisa diganti juga dengan madu dan lemon. Dan juga dressing buatan sendiri pastinya lebih murah dan juga mengandung lebih sedikit garam.

ads

Ditulis Oleh : Hi.. Hari: 12:05 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment